PENGARUH FUNGSI KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU AGRESIVITAS SISWA DI SMA NEGERI 3 KLATEN

Adiati Mustikaningsih

Abstract



Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena-fenomena kekerasan oleh remaja yang terjadi akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perilaku agresivitas, 2) fungsi kelompok teman sebaya, dan 3) pengaruh fungsi kelompok teman sebaya terhadap perilaku agresivitas siswa di SMAN 3 Klaten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X dan XI dengan jumlah sebanyak 234 siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis pengaruh fungsi kelompok teman sebaya dan perilaku agresivitas. Uji validitas menggunakan uji validitas isi. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,901 pada variabel pengaruh fungsi kelompok teman sebaya dan nilai koefisien 0,910 pada variabel perilaku agresivitas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Pengujian prasyaratan analisis yaitu uji normalitas.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pada variabel pengaruh fungsi kelompok teman sebaya yang berkategori tinggi 78 orang, sedangkan kategori agak tinggi 130 orang, kategori sedang 23 orang, dan kategori cukup sedang 1 orang, serta kategori rendah 2 orang. 2) Variabel perilaku agresivitas yang berkategori tinggi dan kategori agak tinggi tidak ada, sedangkan kategori sedang 10 orang, kategori cukup sedang 98 orang dan kategori rendah 126 orang, 3) Terdapat pengaruh antara pengaruh fungsi kelompok teman sebaya terhadap perilaku agresivitas siswa di SMAN 3 Klaten yang dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 71,946 dan nilai signifikansi 0,000. Kemudian, penelitian ini bersifat negatif karena sesuai dengan hasil koefisien regresi yaitu Y= -0,502x + 111,943 yang berarti bahwa semakin positif pengaruh fungsi kelompok teman sebaya maka semakin rendah perilaku agresivitas siswa. Berdasarkan, hasil analisis data diketahui bahwa sumbangan efektif dari pengaruh fungsi kelompok teman sebaya terhadap perilaku agresivitas sebesar 23,7%.
Kata kunci: kelompok teman sebaya, perilaku agresivitas
ABSTRACT
The research was conducted due to the phenomena of juvenile violence happened lately. The objectives of the research were to find out: 1) the aggressive behavior, 2) function of peer group, and 3) the influence of peer group function toward the aggressive behaviors of students at SMAN 3 Klaten.
The research employed quantitative approach in the form of correlational research. The subjects of the research were class X and XI consisting of 234 students. The sampling technique used was Simple Random Sampling. The data collection technique was psychological scale of the influence of peer group function and aggressive behaviors. Validity testing was conducted by using content validity test. The reliability was tested by using Alpha Cronbach coefficient value 0.901 to the variable influence of peer groups function and the coefficient of 0.910 in the variable behavior of aggressive . The data were analyzed by using simple regression analysis.
The testing of analysis pre-requisite was normality test. The results of the research show that: 1) in the variable of the influence of peer groups function, 78 students are in very high category, 130 students are in high category, 23 students are in moderate category, 1 student is in low category, and 2 students are in very low category; 2) in the variable of aggressive behavior, no student was in very high and high category, 10 students are in moderate category, 98 students are in low category, and 126 students are in very low category; 3) there is an influence of the peer group functional influence toward the aggressive behavior of students at SMAN 3 Klaten which is proved by the value of Fcount at 71.946 with the significance value of 0.000. Furthermore, this research is considered negative in accordance with the regression coefficient as Y= -0.502x + 111.943 which means that the more positive the influence of peer group function, the lesser the students’ aggressive behavior. Based on the result of analysis, it is known that the effective contribution of the influence of peer group influence toward the students’ aggressive behavior is 23.7 %.
Keywords: peer group, aggressive behavior


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.