HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015

Ghassani Luthfi Izazi

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngaglik dengan populasi sebesar 188 siswa. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 123 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan skala kecerdasan interpersonal dan skala perilaku agresif. Validitas instrumen menggunakan validitas isi/logik dengan expert judgement. Reliabilitas instrumen diukur dengan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,808 pada skala kecerdasan interpersonal dan koefisien reliabilitas sebesar 0,868 pada skala perilaku agresif. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku agresif dengan nilai korelasi sebesar -0,195 dan p < 0,05; artinya semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa, maka semakin rendah perilaku agresif siswa dan sebaliknya, semakin rendah kecerdasan interpersonal, maka semakin tinggi perilaku agresif siswa. Pada penelitian juga ditemukan sumbangan efektif kecerdasan interpersonal terhadap perilaku agresif sebesar 3,8 %.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, perilaku agresif
Abstract
This study aims to identify the negative and significant relationship between interpersonal intelligence with aggressive behavior in grade VIII SMPN 1 Ngaglik Academic Year 2014/2015. This research is a quantitative approach to the type of correlational research. Subjects in this study were students of grade VIII SMPN 1 Ngaglik with a population of 188 students. The sample size in this study was 123 students. Sampling technique used is proportional random sampling. For data collection in this study used a scale of interpersonal intelligence and scale of aggressive behavior. Validity of the instrument using content validity / logic with expert judgment. Reliability of the instrument was measured by Cronbach alpha reliability with the coefficient of 0.808 on a scale of interpersonal intelligence and reliability coefficient of 0.868 on a scale of aggressive behavior. Data analysis using simple regression techniques. The results showed that there was a significant negative correlation between interpersonal intelligence with aggressive behavior with a correlation value of -0.195 and p <0.05; it means that the higher the students' interpersonal intelligence, the lower the aggressive behavior of students and vice versa, the lower the interpersonal intelligence, the higher the aggressive behavior of students. In the study also found effective contribution towards aggressive behavior interpersonal intelligence by 3.8%.
Keywords: interpersonal intelligence, aggression behavior

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.