HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN SELF EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BK UNY YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Selfi Fajarwati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: 1) self control dengan prokrastinasi akademik, 2) self efficacy dengan prokrastinasi akademik, dan 3) self control, self efficacy dengan prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis korelasional dengan subyek penelitian mahasiswa BK UNY yang sedang menyusun skripsi sebanyak 184 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling sedangkan untuk pengumpulan data digunakan skala self control, skala self efficacy dan skala prokrastinasi akademik. Selanjutnya, untuk analisis data diolah menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara self control dengan prokrastinasi akademik diperoleh t -10,203 dan Sig. (p) 0,000. 2). Tidak terdapat hubungan signifikan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik nilai koefisien t -1,313 dan Sig. (p) 0,191 > 0,05 dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara self control dan self efficacy secara bersama-sama dengan prokrastinasi akademik diperoleh Fregresi sebesar 57,458 dan Sig. (p) pada 0,000.
Kata kunci : Self Control, Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik
Abstract
This research aimed to know the relationship between: 1) self control with academic procrastination, 2) self efficay with academic procrastination, and 3) self control, self efficacy with academic procrastination. The research method used correlational quantitative. The subjects were the students of guidance and counseling Yogyakarta State University in doing undergraduate thesis, in amount of 184 students. The sampling technique used simple random sampling. The data gathering techniques used self control scales, self efficacy, and academic procarstination. Moreover, to analays the data used multiple regression analays. This research result proved: 1) a significant relationship between self control with academic procrastination, 2) No a significant relationship between self efficay with academic procrastination and 3) a significant relationship between self control and self efficacy with academic procrastination resulted Fregression which was 57,458 and Sig.(p) 0,000.
Keywords: Self Control, Self Efficacy, Academic Procrastination

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.