HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN GAYA HIDUP MAHASISWA

Findhi Annisa Fitri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui  adanya hubungan antara konsep diri dengan gaya hidup mahasiswa 2) mengetahui tingkat konsep diri yang dimiliki mahasiswa 3) mengetahui tingkat gaya hidup yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini berdasarkan pada kondisi konsep diri dan gaya hidup yang tidak ideal pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016 yang berjumlah 5.103 sehingga sampel yang diambil berjumlah 326 mahasiswa, menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan skala gaya hidup mahasiswa. Uji validitas menggunakan validitas uji konstruk melalui expert judment dan validitas uji empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach’s. Uji normalitas data menunjukan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu dengan nilai signifikansi 0,591 > 0,05. Untuk uji linearitas menunjukan kedua variabel linear, yaitu dengan nilai signifikansi 0,218 > 0,05. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, 1) Terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan gaya hidup mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0.221. 2) tingkat konsep diri pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016 masuk dalam kategori sedang sebanyak 181 dengan prosentase 55,52. Konsep diri dengan kategori sedang ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang positif tentang keadaan dirinya, interaksi dengan lingkungan sekitar, mampu melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan serta memiliki pandangan yang cukup baik mengenai identitas dirinya dan nilai-nilai yang diyakininya. 3) tingkat gaya hidup pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016 masuk dalam kategori sedang sebanyak 188 mahasiswa dengan prosentase 57,66. Gaya hidup mahasiswa dengan kategori sedang menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang positif tentang diri sendiri, keadaan sosial, pendidikan, barang, budaya, masa depan, serta mahasiswa juga memiliki perilaku yang cukup positif dalam hal melakukan aktivitas yang positif di kampus, melakukan suatu hal positif yang disukai, melakukan kegiatan sosial, mencari hiburan yang positif di luar kampus, menjadi anggota dari suatu komunitas, tidak berbelanja di luar kebutuhan dan melakukan aktivitas olahraga.

 

Kata Kunci     : Konsep diri, gaya hidup

 

Abstract

This research is based on conditions of self-concept and lifestyle that are not ideal for students of Yogyakarta State University. This study aims to 1) know the relationship between self-concept and student lifestyle 2) to know the level of self-concept that students have 3) to know the level of lifestyle students have. This study uses a quantitative approach with correlation analysis techniques. Subjects in this study were students of Yogyakarta State University class of 2016 which amounted to 5,103 and the samples taken were 326 students, using a simple random sampling technique that is taken randomly regardless of the strata in the population. Data collection used self-concept scale and student lifestyle scale. Validity test used the validity of the construct test through expert judgment and the validity of the empirical test. Test reliability using Alpha Cronbach's technique. Data normality test shows both variables have a normal distribution, that is, with a significance value of 0.591> 0.05. For linearity test shows both linear variables, namely with a significance value of 0.218> 0.05. Data analysis techniques using Product Moment correlation analysis techniques. Based on the results of the study can be concluded, 1) There is a positive correlation between self-concept and student lifestyle with a correlation coefficient of 0.221. 2the level of self-concept in Yogyakarta State University students in 2016 is in the medium category as much as 181 with a percentage of 55.52. Self-concept with this medium category shows that students have a positive view of their condition, interaction with that they believe. 3) the level of lifestyle in Yogyakarta State University students in 2016 is in the moderate category as many as 188 students with a percentage of 57.66.. The lifestyle of students with a moderate category shows that students have a positive outlook on themselves, social conditions, education, goods, culture, future, and students also have fairly positive behavior in terms of doing positive activities in campus, doing something positive who are liked, do social activities, seek positive entertainment outside the campus, become members of a community, do not shop outside of their needs and do sports activities.

Keywords: Self-concept, lifestyle


Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi perkembanganpendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fitriyani, N., Widodo, P.B. & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip Volume 12 No 1 Hal 55-68.

Gunawan, N. E. (2020). When offense and mutual forgiveness collide yearly in indonesia: A qualitative study during Eid al-Fitr. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(1).

Hikmawati, Fenti. (2011). Bimbingan konseling (Edisi revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Masmuadi, A. & Aliza, M. (2007). Hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja. Naskah Publikasi.

Pontania, A.R. (2016).Hubungan antara konsep diri dengan gaya hidup hedonis pada Siswa SMA Negeri 4. Naskah Publikas. Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.S. (2013). Membuat segmentasi berdasarkan life style (gaya hidup). Jurnal JIBEKA Volume 7 No 2 Hal 1-6.

Trimartati, N. (2014). Studi kasus tentang gaya hidup hedonis mahasiswa bimbingan dan konseling universitas ahmad dahlan. Psikopedagogia Volume 3 No 1 Ha l 20-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.