HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENCONTEK DI SMP N 2 CANGKRINGAN SLEMAN

Anris .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan perbuatan menyontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman, dan (2) hubungan antara self efficacy dengan perilaku mencontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Cangkringan Sleman berjumlah 94 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor utama penyebab siswa melakukan perbuatan menyontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman adalah aspek harga diri dan kendali diri; dan (2) terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan perilaku mencontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman, dibuktikan dari rhitung>rtabel (-0,628>0,202); nilai signifikansi 0,000<0,05. Perilaku mencontek dipengaruhi oleh variabel self efficacy sebesar 39,5%, sedangkan sisanya sebesar 60,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Self Efficacy dan Perilaku Mencontek

 

Abstract

This study aims to find out: (1) factors that cause students to cheat in Cangkringan Sleman 2 nd Middle School, and (2) the relationship between self efficacy and cheating behavior in Cangkringan 2 nd Middle School Sleman. This study uses a quantitative approach. The population in this study were all seventh grade students of Cangkringan Sleman 2 nd N 2 numbering 94 people. The sampling technique uses saturated sampling. Data collection techniques use scale. The data analysis technique uses the Product Moment correlation from Karl Pearson. The results of this study indicate that: (1) The main factors causing students to commit cheating at Cangkringan Sleman Middle School 2 are aspects of self-esteem and self-control; and (2) there is a negative relationship between self efficacy and cheating behavior in Cangkringan Sleman 2 nd Middle School, as evidenced by r count> r table (-0.682> 0.202); significance value 0,000 <0,05. Cheating behavior is influenced by the variable self efficacy of 39.5%, while the remaining 60.5% is influenced by other factors not included in this study.

 

Keywords: Self Efficacy and Cheating Behavior


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.