MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELUARGA BROKEN HOME DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Dwi Sari Mu’jizah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada anak keluarga broken home. Jenis penelitian kualitatif metode studi kasus. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling subjek yaitu BM, AY, dan SH serta empat key informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, BM tidak tertarik dengan belajar, AY tidak memiliki keinginan untuk belajar serta bersekolah dan SH memiliki keinginan untuk belajar dan bersekolah karena dukungan dan perhatian dari ibu. Ketiga subjek memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda namun sangat rendah. Kemudian keluarga broken home memiliki pengaruh terhadap psikis anak yang berpengaruh pada kehidupan termasuk sekolah dan motivasi belajar yang berdampak pada kurangnya prestasi.

Kata kunci: motivasi belajar, broken home

 

Abstract

This research was conducted with the aim to determine learning motivation in broken home family children. Type of qualitative research case study method. The subject selection used a purposive sampling technique, namely BM, AY, and SH and four key informants. Data collection uses interviews and observation. The results showed that the three subjects had very low learning motivation, BM was not interested in learning, AY had no desire to study and attend school and SH had the desire to study and attend school because of the support and attention from the mother. The three subjects had different learning motivation but were very low. Then the broken home family has an influence on the child's psychological influence on life including school and learning motivation which has an impact on lack of achievement.

 

Keywords: learning motivation, broken home


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.