EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMK PERKEBUNAN MM 52 YOGYAKARTA

Asfarina Mutiara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi tingkat kedisiplinan yang kurang baik pada siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta sejumlah 16 orang yang masing-masing dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu tahap pra treatmen, treatmen, dan pasca treatmen. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala tingkat kedisiplinan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistika non parametrik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa (Asymp sig. 2-tailed 0,012<0,05) dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu, teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta.

 

Kata kunci: teknik sosiodrama, kedisiplinan siswa

 

Abstract

This research is conducted due to the lack and decrease of discipline awareness towards students in SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. This research aims to seek the effectiveness of socio-drama technique to improve students’ discipline awareness. This research employed the experiment method especially Quasi-Experiment and Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this research were 16 students of SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta, which were divided into two groups, experiment and control group. This research was conducted in 3 phases, pre-treatment, treatment, and post-treatment. The data collection technique used in this research was the scales of students’ discipline awareness. This research used statistic analysis especially non-parametric Wilcoxon test as the data analysis technique. The results of the research show that socio-drama technique is effective to improve discipline awareness of those students which is shown through (Asymp sig. 2-tailed 0,012<0,05) with the significance level of 5%. Therefore, socio-drama technique proves its effectiveness to improve discipline awareness of the students in SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta.

 

Keywords: sociodrama technique, discipline awareness of students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.