PENGARUH TEKNIK ART THERAPY TERHADAP PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL

Anifa Tuzzuhroh Nurbaiti,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi pengelolaan emosi marah yang kurang baik di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik art therapy terhadap pengelolaan emosi marah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul sejumlah 6 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu tahap pra-eksperimen, eksperimen, dan pasca eskperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pengelolaan emosi marah. Teknik analilis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan emosi marah pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan teknik art therapy. Hasil ini ditunjukkan dengan analisis data deskriptif, siswa mengalami kenaikan skor pengelolaan emosi marah sebanyak 16,84 poin setelah pemberian treatment. Skor rata-rata sebelum dan sesudah pemberian treatment dari 55,16 menjadi 72 yang dapat dikatakan bahwa teknik art therapy efektif dalam mengatasi masalah pengelolaan emosi marah.

 

Kata kunci: teknik art therapy, pengelolaan emosi marah

 

Abstract

 

Abstract research was conducted based on the condition of anger management that is not good in SMA Negeri 3 Bantul. This study aims to determine the influence of art therapy technique on anger management. The method used in this study is the experimental method with quasi experimental design using nonequivalent control group design. The subject in this study were 6 students of class XI of SMA Negeri 3 Bantul consisting 2 boys and 4 girls. The technique in determining the subject uses a purposive technique. This research was conducted in 3 stages, namely the pre-experimental, experimental, and post-experimental stages. Data collection techniques were carried out using the anger management scale. The data analysis technique used in this study is descriptive analysis. The results of this study indicate that the anger management of students grade XI SMA Negeri 3 Bantul is increased after being treated with art therapy technique. These resultsis indicated by descriptive data analysis, students experienced an increase in anger management score of 16.84 points after the treatment is given. The average score before and after treatment giving increases from 55.16 to 72 which can be concluded that the art therapy technique is influential to overcome the problem of anger management.

 

Keywords: art therapy technique, anger management.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.