PERBEDAAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA DENGAN SISWA KELAS REGULER

Rangga Indra Pratama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas bakat istimewa olahraga dengan siswa kelas reguler. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 45 siswa kelas bakat istimewa olahraga dan 45 siswa kelas reguler. Kelas bakat istimewa olahraga diambil seluruh populasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk mengambil sampel kelas reguler adalah ordinal sampling. Instrumen pengumpul data berupa skala kejenuhan belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement kemudian diujicobakan. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan skor signifikansi 0,89. Teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan  terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas bakat istimewa olahraga dan siswa kelas reguler. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t yang memperoleh skor signifikansi 0,0002. Selain itu, skor rata-rata kejenuhan belajar siswa kelas bakat istimewa olahraga (50,75) lebih rendah dari siswa kelas reguler (56,01).

Kata kunci : kejenuhan belajar, siswa kelas bakat istimewa olahraga, siswa reguler

Abstract

This research was aimed to identify the differences academic burnout among sport and regular class students in Sewon 1 Senior High School.The research implements quantitative method with comparative approach. The subjects research are sport classes and regular classes with 45 students for each category . The research subjects of sport classes are the whole class population. While, samples of regular classes are taken by ordinal sampling technique. Academic burnout scale, as the research instrument has been validated by expert judgement and trial test. Instrument reliability is tested using Alpha Crownbach and gains a significant 0,89 score. T test is used to analyze data in this research. This research showed that the academic burnout differences between sport and regular class are significant. Hypothesis is tested using t test and resulted in 0,0002.. The average academic burnout score of sport class (50,75) is lower than the average academic burnout score of regular class (56,01)

Key words : academic burnout, sport class and regular class


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.