RELIGIUSITAS, KECERDASAN EMOSI, DAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Mar Atus Solihah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan kecerdasan emosi dengan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah 155 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negative antara religiusitas dengan kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, besarnya hubungan dilihat dari nilai korelasi parsial sebesar -0,571 dengan signifikansi p=0.000<0.05, maka Ha diterima. Ada hubungan negative antara kecerdasan emosi kejenuhan (bunrout) belajar, besarnya hubungan dilihat dari nilai korelasi parsial sebesar -0,491 dengan signifikansi p=0.000<0.05, maka Ha diterima. Dan terdapat hubungan antara religiusitas dan kecerdasan emosi secara bersama-sama dengan kejenuhan belajar yang ditunjukkan dengan nilai  106.503 dengan taraf signifikansi sebesar p=0.000< 0.05. Religiusitas dan kecerdasan emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 58,4 % terhadap kejenuhan belajar.

Kata kunci: religiusitas, kecerdasan emosi, kejenuhan belajar

Abstact

This study aims to determine the relationship between religiosity and emotional intelligence with the saturation level students of class XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. The approach used in this study is the quantitative approach. Determination of the sample using simple random sampling technique. The research sample was 155 students. Methods of data collection using a scale of psychology. Test the hypothesis in this study using regression analysis. The results showed that there was a negative relationship between religiosity and burnout students of class XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, the magnitude of the relationship seen from the partial correlation of -0.571 with a significance of p = 0.000 <0.05, then Ha accepted. There is a negative correlation between emotional intelligence and burnout, the relationship seen from the partial correlation of -0.491 with a significance of p = 0.000 <0.05, then Ha accepted. And there is a relationship between religiosity and emotional intelligence together with burnout showed with F_hitung 106 503 with a significance level of p = 0.000> 0.05. Religiosity and emotional intelligence provides effective contribution of 58.4% to the burnout.

Keywords: religiosity, emotional intelligence, burnout


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.