PENINGKATAN KETERAMPILAN KONSELING KONSELOR SEBAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA MAN YOGYAKARTA 1

Adinuringtyas Herfi Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan konseling pada konselor sebaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja di MAN Yogyakarta 1 melalui pelatihan keterampilan dasar konseling berbasis modul. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action research). Model penelitian mengacu model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan konseling dapat ditingkatkan melalui tindakan yang dilakukan dengan kegiatan membaca, kegiatan berdiskusi kelompok, dan kegiatan mempraktikkan. Peningkatan dari hasil observasi yaitu hasil pra tindakan rata-rata persentase 34,42%, setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 73,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,85%. Peningkatan lain juga didukung dari hasil wawancara yaitu subjek merasa ada perubahan perasaan dan perubahan minat setelah melakukan konseling teman sebaya.

Kata kunci: modul pelatihan, keterampilan dasar konseling

Abstract

            This research aims to enhance counseling skill on peer counselors Adolescent of the Information and Counseling Center in MAN Yogyakarta 1 through basic skills of counseling training based on module. The approach used is qualitative with kind of research action research. The research model refers to model of Kemmis and McTaggart. Subject of this research are 14 student. Data collection methods used  were observation and interviews. The instrument used was observation and intervew guides. Technical analysis of the data used is quantitative and qualitative analysis. The result of research showed that the counseling skills can be enhanced through the actions performed by reading activities, group discussion activities, and practice activities. An increase from the observation is a result of the pre-action result which is in average percentage of 34,42%, after being given the action on the first cycle become 73,85% and the second cycle increased to 89,85%. Another improvement was also supported by the result in the from interview. The subject felt has feeling changes and changes in interest after doing peer counseling.    

Key words: training module, basic skills of counseling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.