HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA RIAU DI YOGYAKARTA

Septri Sukma Lestari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) keterbukaan diri mahasiswa Riau di Yogyakarta, 2) penyesuaian diri pada mahasiswa Riau di Yogyakarta, 3) hubungan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Riau yang berkuliah di Yogyakarta sebanyak 85 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster quota random sampling. Metode pengumpula data menggunakan skala keterbukaan diri dan skala penyesuaian diri. Teknis analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, 1) mahasiswa Riau di Yogyakarta yang memiliki keterbukaan diri dengan kategori tinggi sebanyak 7 mahasiswa (8.2%), kategori sedang sebanyak 78 mahasiswa (91.8%), dan kategori rendah tidak ada. Jadi Subjek dalam penelitian ini sebagian besar memiliki keterbukaan diri sedang sebanyak 78 mahasiswa (91.8%). 2) mahasiswa Riau di Yogyakarta yang memiliki penyesuaian diri dengan kategori tinggi tidak ada, kategori sedang sebanyak 79 mahasiswa (92.9%), dan pada kategori rendah sebanyak 6 mahasiswa (7.1%). Jadi subjek dalam penelitian ini sebagian besar memiliki penyesuaian diri sedang sebanyak 79 mahasiswa (92.9%). 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta.Hal ini berarti semakin tinggi tingkat keterbukaan diri mahasiswa Riau di Yogyakarta, maka semakin tinggi pula penyesuaian dirinya.

Kata kunci: keterbukaan diri, penyesuaian diri

Abstract

This research aims to determine: 1) self-disclosure of Riau student in Yogyakarta, 2) the self-adjustment of Riau student in Yogyakarta, 3) the relationship between self-disclosure and self-adjustment of Riau student in Yogyakarta. This research is a correlational study with quantitative method. Subject on this research is 85 Riau students who are studying in Yogyakarta. The sampling was done by cluster quota random sampling method. Data collected by using self-disclosure scale and self-adjustment scale method. Data analysed by using prerequisite test which are normality test and linearity test. Hypothesis testing by using product moment correlation, to examine the relationship of variables with a significance level of analysis results is set at 5 %. Based on the result of this research, the conclusion are, 1) 7 Riau students in Yogyakarta have high category of self-disclosure (8.2%). 78 Riau students in Yogyakarta have medium category of self-disclosure (91.8%) and no one has low category of self-disclosure. Therefor most of the subject of this research have medium category of self-disclosure (91.8%). 2) no one of Riau student has high category of self-adjustment, 79 Riau students have medium category of self-adjustment (92.9%) and 6 Riau students have low category of self-adjustment (7.1%). Therefor most of the subject of this research have medium category of self-adjustment (92.9%). 3) there were a positive and significant relationship between self-disclosure and self-adjustment of Riau student in Yogyakarta. According to the result of this research, the higher level of self adjustment of Riau student.

Keywords: self-disclosure, self-adjusment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.