SINTESIS SITRONELIL PROPIONAT MELALUI REAKSI ESTERIFIKASI FISCHER ANTARA ASAM PROPIONAT DAN SITRONELOL HASIL REDUKSI SITRONELAL

Tesia Aisyah Rahmania, Cornelia Budimarwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh senyawa sitronelol dari reduksi sitronelal menggunakan NaBH4 dan mensintesis sitronelil propionat melalui reaksi esterifikasi Fischer antara asam propionat dan sitronelol hasil reduksi.
Penelitian ini dimulai dengan mereduksi sitronelal menjadi sitronelol menggunakan reduktor NaBH4 dan pelarut etanol pada suhu 76oC selama 1 jam. Kemudian, hasil reduksi sitronelal direaksikan dengan asam propionat melalui reaksi esterifikasi Fischer menggunakan katalis asam sulfat pekat pada suhu 48oC selama 2 jam. Senyawa hasil reduksi sitronelal dan hasil esterifikasi Fischer diidentifikasi menggunakan KLT, spektrometer IR, dan spektrometer GC-MS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reduksi sitronelal menghasilkan sitronelol berupa cairan jernih tak berwarna dengan kemurnian 94,38% (rendemen 83,45%). Hasil reaksi esterifikasi Fischer antara asam propionat dengan sitronelol menghasilkan sitronelil propionat berupa cairan jernih tak berwarna dengan kemurnian 62,11% (rendemen 29,09%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.