PENGARUH POTENSIAL LISTRIK TERHADAP PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI BATIK SECARA ELEKTROKOAGULASI DENGAN SEL Al-Al

Sari Rosiati Nur Khasanah, Putri Suryani Nur Atiqah, Puspitaningsih Puspitaningsih

Abstract


Berkembangnya industri batik ini disamping membawa keuntungan bagi masyarakat, ternyata juga membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi lingkungan sekitar, terutama bagi perairan. Pencemaran air terjadi karena ada sebagian pabrik yang tidak memperdulikan bahan sisa proses produksi yang berupa limbah untuk diolah secara sempurna pada Unit Pengelolan Limbah (UPL), sehingga bahan buangan masih mengandung senyawa yang bersifat toksik (senyawa beracun) dan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, dibutuhkan pengolahan limbah batik secara baik sebelum limbah dibuang ke lingkungan. Penelitian dengan menerapkan Metode Elektrokoagulasi dipilih untuk mengetahui pengaruh potensial listrik serta parameter pH, TSS, TDS dan Krom Total terhadap pengolahan limbah cair industri batik secara elektrokoagulasi dengan sel Al-Al.


Full Text:

PDF

References


. Saptarini, D. Pengolahan Limbah Cair Industri Batik dengan Metode Koagulasi-Flokulasi dan Adsorpsi Sistem Batch, Universitas Gadjah Mada, Tesis Program Studi Magister Sistem Teknik, 2009.

. Retnowati. Efektivitas Ampas Teh Sebagai Adsorben Alternatif Limbah Cair Industri Tekstil. FMIPA IPB, Bogor, 2005

. Hari, B. dan Harsanti, M., 2010, "Pengolahan Limbah Cair Tekstil Menggunakan Proses Elektrokoagulasi dengan Sel AlAl", ISSN 1693-4393, Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejuangan" Hidayat, Wahyu. 2008. Teknologi Pengolahan Air Limbah. Majari magazine.com /2008/01/teknologi- pengolahan-air-limbah/. Last Update : 19 Juni 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.