STUDI FAKTOR pH PADA ADSORPSI KATION Ca(II) OLEH SILIKA TERMODIFIKASI SULFONAT

Adlina Amalia Adlina Amalia, Erfan Priyambodo Erfan Priyambodo

Abstract


Silika memiliki luas permukaan spesifik tinggi dan gugus hidroksil yang reaktif, menjadikan silika berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pengemban kation yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH pada sifat adsorpsi kation Ca(II) oleh silika termodifikasi sulfonat dan silika non modifikasi.
Subjek dari penelitian ini adalah silika dan silika termodifikasi sulfonat. Objek dari penelitian ini adalah daya adsorpsi logam Ca(II) oleh silika termodifikasi sulfonat maupun silika non modifikasi. Data dikumpulkan melalui eksperimen adsorpsi, di mana 0,2 gram silika hasil sintesis dilarutkan dalam 20 mL larutan yang berisi Ca2+ 0,001 M, dan diaduk selama waktu kesetimbangan, yaitu 1 jam. pH suspensi divariasi dengan variasi pH yaitu 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Sampel yang telah diaduk kemudian di centrifuge, diambil sentrifugatnya dan diukur konsentrasi logam Ca(II) sisa dalam larutan dengan Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sintesis silika termodifikasi sulfonat berhasil dilakukan dengan ciri-ciri, hilangnya gugus –SH pada panjang gelombang 2569,18 cm-1 dan naiknya intensitas pada daerah bilangan gelombang 3451,57 cm-1 yang meningkat dari 4,215 menjadi 20,380. Semakin tinggi pH semakin besar daya adsorpsi Ca2+ oleh silika maupun silika termodifiasi sulfonat. pH yang baik untuk adsorpsi Ca2+ oleh silika atau silika termodifikasi sulfonat terdapat pada pH 7. Pada pH 7, silika mampu menjerap Ca2+ sebanyak 71% dan silika termodifikasi sulfonat menjerap Ca2+ 82,6%.

Full Text:

PDF

References


. Azmiyawati, C. Modifikasi Silika Gel Dengan Gugus Sulfonat Untuk Meningkatkan Kapasitas Adsorpsi Mg(II). Jurnal Sains Kimia dan Aplikasi. 7(1) (2004).

. Fahmiati. (2004). Adsorpsi Ion Logam Cd(II), Ni(II), dan Mg(II) pada 3-merkapto-1,2,4 Triazol yang diimobilisasikan pada Silika Gel. Tesis Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

. Farley, K.J., Dzombak, D.A. & Morel, F.M.M. A Surface Precipitation Model for the Sorption of Cations on Metal Oxides. Journal of Colloid and Interface Science 106 (1985), 226-242.

. Gunneriusson, L., Lõvgren, L. & SjÕberg, S. Complexation of Pb(II) at Goethite (- FeOOH)/Water Interface: The influence of Chloride.Geochimica et CosmochimicaActa 58 (1994), 4973- 4983.

. Ikhsan, J., Widjajanti, E.L.F.X. & Sunarto. Thermodinamic Parameters on the Sorption of Phosphate Ions by Montmorillonite. International Conference of the Indonesian Chemical Society 2012.

. Marindhu, M. Sintesis dan Karakteristik Hibrida Sulfonato Silika dari Abu Sekam Padi dengan Oksidator Asam Nitrat, Universitas Negeri Yogyakarta, Skripsi, 2009.

. Bakri, R., Utari, T. & Sari. I. P. Kaolin sebagai sumber SiO2 untuk pembuatan katalis Ni/SiO2 : Karakterisasi dan Uji Katalis pada Hidrogenasi Benzena Menjadi Sikloheksana. MAKARA, SAINS 12(1) (2008) 37-43.

. Sposito, G. (1984). The Surface Chemistry of Soils. Oxford University Press, Oxford, 1984.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.