OPTIMASI POTENSIAL, SUHU LARUTAN, DAN PENGARUH PENGADUKAN PADA ELEKTRODEPOSISI ION LOGAM Ag(I) DALAM LIMBAH CAIR ELEKTROPLATING DENGAN MENGGUNAKAN AGEN PEREDUKSI FORMALDEHIDA

Abdul Fikar Amigato Abdul Fikar Amigato, Siti Marwati Siti Marwati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Penelitian Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan potensial dan suhu larutan optimal, pengaruh pengadukan pada proses elektrodeposisi ion logam Ag(I) dalam limbah cair elektroplating serta pengaruh formaldehida terhadap karakteristik deposit Ag.
Subjek penelitian ini adalah limbah cair elektroplating yang diambil dari sentra kerajinan perak Kotagede Yogyakarta. Objek penelitian adalah efisiensi elektrodeposisi pada variasi potensial dan suhu. Proses elektrodeposisi dilakukan dengan variasi potensial; suhu larutan; dan perlakuan pengadukan. Konsentrasi Ag(I) hasil elektrodeposisi dianalisis dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom. Kualitas deposit Ag ditentukan dengan pengamatan secara visual. Struktur kristal hasil elektrodeposisi ditentukan dengan metode Difraksi Sinar-X.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) potensial optimal sebesar 5 volt dengan efisiensi elektrodeposisi yaitu 40,887%; 2) suhu optimal 500C dengan efisiensi elektrodeposisi yaitu 41,905%; 3) adanya perlakuan pengadukan dapat memperbesar efisiensi elektrodeposisi yaitu 48,556%; dan 4) deposit Ag hasil elektrodeposisi dengan penambahan formaldehida lebih kristalin dengan parameter kisi rata-rata 4,0751 Å dibandingkan dengan tanpa penambahan formaldehida dengan perameter kisi rata-rata 4,0553 Å.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.