MESIN FINISHING PEMUTIH PERHIASAN PERAK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16

Dema Tantra Kusuma, Handaru Jati

Abstract


Tujuan pembuatan alat ini adalah menciptakan alat untuk mempercepat proses finishing pengrajin perak menggunakan kontroler ATmega16 dan menggunakan bahasa pemrograman bahasa C CodeVision AVR. Perangkat ini terdiri dari 4 bagian utama: (1) Bagian catu daya, dengan menggunakan trafo 1 A sebagai pengubah sumber tegangan AC ke sumber tegangan DC, (2) Bagian input, menggunakan komponen push button sebagai pemberi data, (3) Bagian Proses terdiri dari mikrokontroler Atmega16 dan driver motor L298N, dan (4) Bagian Output, terdiri dari motor DC sebagai penggerak otomatis arah putaran dan kecepatan putaran motor juga LCD display sebagai media penampil dari proses kerja yang sedang berlangsung.
Perancangan Mesin Finishing Pemutih Perhiasan Perak Berbasis Mikrokontroler Atmega16 ini menggunakan metode rancang bangun ADDIE. Model ADDIE terbagi menjadi 5 rancangan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, pada tahap evaluasi dilakukan pengujian fungsional dan pengujian unjuk kerja untuk mengetahui kinerja dari alat yang dibuat.
Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa Mesin Finishing Pemutih Perhiasan Perak Berbasis Mikrokontroler ATmega16 bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan penulis, selain itu sudah memiliki prinsip kerja yang sama dengan alat yang dijualkan dipabrikan. Uji rangkaian tegangan dapat dijelaskan bahwa rata-rata error dalam uji rangkaian sekitar 4,9 % pada selisih tegangan yang diukur. Secara keseluruhan alat ini dapat bekerja dengan otomatis, menggerakan arah putaran motor DC ke kanan dan ke kiri juga dapat diatur kecepatan putarannya.
Kata Kunci : Atmega16, Mesin Finishing

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i5.5155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter