MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Giyono Giyono, Eko Marpanaji

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran
elektronika dasar berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia flash 8 guna mengatasi kesulitankesulitan
dalam mempelajari elektronika dasar .
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi metode Alessi &Trollip yang
terdiri dari 3 tahapan yaitu: planning (perencanan), design (desain) dan development (pengembangan). Tahap
planning (perencanaan) mencakup analisis masalah, analisis kebutuhan, analisis tujuan dan mengumpulkan
sumber. Tahap kedua design (desain) media meliputi pembuatan diagram materi, flowchart dan storyboard.
Tahapan ketiga development (pengembangan) meliputi produksi media, memprogram materi, menyiapkan
komponen pendukung, verifikasi, validasi ahli, revisi, dan uji kelayakan. Responden penelitian adalah Siswa
Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 3 Wonosari Yogyakarta sebanyak 16 orang. Data
dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa seluruh aspek media pembelajaran elektronika dasar yaitu: Aspek self
instruction , format, dan konsistensi mendapat nilai sama yaitu 90%. Aspek adaptif dan bentuk juga mendapat
nilai yang sama yaitu 88.5%. Aspek-aspek lainya mendapat nilai bervariasi seperti: self contain (88%), user
friendly (91%), organisasi (92.66%), daya tarik (89.77%), ruang kosong (93%), interaktif (89%) dan mandiri
(91.66%). Nilai Nilai tertinggi adalah aspek konvergen 94%, Media ini unggul dalam menggabungkan unsurunsur
audio dan videonya. Nilai paling rendah yaitu pada aspek stand alone yaitu 74%, sehingga media
pembelajaran ini masih membutuhkan bahan ajar lain. Apsek stand alone media yang dimaskud ialah video
yang disajikan berbahasa inggris, membuat pengguna atau peserta didik belum memahami pesan yang
disampaikan. Skor total rata-rata aspek media secara keseluruhan pada media pembelajaran yang sedang
dikembangkan sebesar 71.72 atau 89.65%, dengan demikian tingkat kelayakan media pembelajaran
elektronika dasar berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia flash 8 adalah mendekati sangat
layak.



DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter