PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER GERBANG DIGITAL DENGAN LOGIC ANALYZER UNTUK MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Dhanang Ghitasuryawibawa, Fatchul Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan zaman yang serba digital, sehingga dibutuhkan
sumber daya manusia yang berkompeten dibidang elektronika digital dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer gerbang digital dengan logic
analyzer untuk siswa kelas X Teknik Audio-Video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Objek Penelitian ini adalah
trainer gerbang digital dengan logic analyzer, dengan modul praktikum sebagai bahan pendukung trainer. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis; (2) desain produk; (3) implementasi; dan (4) evaluasi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pengujian dan pengamatan terhadap pengembangan trainer.
Adapun validasi media pembelajaran ini melibatkan 3 ahli materi dan 3 ahli media pembelajaran. Teknik analisis
data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer yang
dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan hasil uji kelayakan media pembelajaran ini termasuk dalam
kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 81.14%, ahli media sebesar 91.90%,
dan dari hasil uji pemakaian terhadap siswa sebesar 88.99%. Dari hasil uji kelayakan tersebut, media pembelajaran
ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Elektronika Dasar Teknik
Audio-Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul, sehingga didapatkan produk akhir media pembelajaran trainer
gerbang digital dengan logic analyzer.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter