PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GERBANG LOGIKA DAN ALJABAR BOOLEAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Tunas Bintar Pamungkas, Fatchul Arifin

Abstract


Kurangnya media pembelajaran interaktif yang digunakan oleh pendidik dalam pelaksanaan
pembelajaran mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa
menjadi tidak fokus terhadap kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media
pembelajaran Gerbang Logika dan Aljabar Boolean untuk Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 2
Yogyakarta dan mengetahui kelayakan media pembelajaran sebagai media belajar. Pengembangan media
pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar
kususnya pada materi gerbang logika dan aljabar boolean. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Research and Development) menggunakan model ADDIE dari Dick dan Cary. Terdapat lima tahap
pengembangan, yaitu tahapan analysis (analisa), design (perencanaan), development (pengembangan),
implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Media pembelajaran dibuat menggunakan software
Adobe Flash CS 6 yang dibantu dengan software pendukung yaitu Adobe Phothoshop CS 6 dan Audacity.
Pengumpulan data penilaian kelayakan media pembelajaran menggunakan instrumen berupa angket. Penelitian
ini melibatkan ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Peserta didik dilibatkan
guna mendapat respon kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: proses pengembangan media pembelajaran Gerbang Logika dan
Aljabar Boolean dilakukan berdasarkan tahapan ADDIE. Hasil penilaian beta testing terhadap respon siswa
kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta dari aspek kualitas isi dan tujuan sebesar 84%
masuk dalam kategori layak, aspek kualitas instruksional 84,2% masuk dalam kategori sangat layak, sedangkan
aspek kualitas teknis 81,4% masuk dalam kategori layak. Berdasar data tersebut dapat disimpulkan media
pembelajaran Gerbang Logika dan Aljabar Boolean layak dan sesuai untuk digunakan sebagai media belajar
siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i3.2201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter