PENGEMBANGAN MODUL SIMULASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL (SIMDIG) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 DEPOK

Taufiq Roisy Hidayat, Fatchul Arifin

Abstract


Belum tersedianya modul simulasi digital yang komprehensif di SMK Negeri 2 Depok membuat peserta didik merasa jenuh dan sulit memahami materi simulasi digital . Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Simulasi Digital untuk Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Depok, dan mengetahui kelayakan modul Simulasi Digital untuk digunakan sebagai media belajar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah pengembangan (Research and Development) menggunakan model Four-D dari Thiagarajan dan Semmel yang dimodifikasi. Tahapan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti meliputi tiga tahapan awal dari empat tahapan Four-D, yaitu tahapan definition (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). Pengumpulan data penilaian kelayakan modul menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 88,72%. Sedangkan oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan 82,22%. Sedangkan respon peserta didik kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Depok, sebesar 82,37%. Berdasar data tersebut dapat disimpulkan modul Simulasi Digital layak dan sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik di SMK Negeri 2 Depok.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i3.2200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter