MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN OSILOSKOP UNTUK SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

Dwi Nur Septiawan, Adi Dewanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif materi pengenalan Osiloskop menggunakan software Adobe Flash CS6. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif materi pengenalan Osiloskop yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Lee dan Owen (2004). Prosedur pengembangan terdiri dari empat tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan dan implementasi serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan media pembelajaran telah sesuai dengan rancangan media pembelajaran interaktif materi pengenalan Osiloskop. (2) hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ahli materi sebesar 84,1% kategori sangat layak sedangkan hasil penilaian ahli media sebesar 87,8% kategori sangat layak. Penilaian media pembelajaran interaktif pada peserta didik sebesar 82,31% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian di atas maka media pembelajaran interaktif materi pengenalan Osiloskop yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri dan sangat layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i3.2190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter