IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X AUDIO VIDEO I SMK NEGERI 3 WONOSARI

Ayu Siti Farha, Totok Sukardiyono

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari model pembelajaran Blended Learning dalam (1) peningkatan perhatian siswa dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di kelas X Audio Video SMK Negeri 3 Wonosari. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart dan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase perhatian siswa pada siklus I sebesar 64,87%.dan meningkat menjadi 78,67% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I diketahui rata-rata sebesar 69 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85. Penelitian berhenti pada siklus II karena target pada peningkatan perhatian dan hasil belajar siswa telah tercapai. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Audio Video I SMK Negeri 3 Wonosari.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i3.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter