EVALUASI KERJASAMA SMK TELKOM JAKARTA DENGAN DUNIA KERJA

Melynda Putri Wijaya

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan kerjasama SMK Telkom Jakarta dengan dunia kerja; 2) pembiayaan kerjasama SMK Telkom Jakarta dengan dunia kerja; 3) pelaksanaan kerjasama SMK Telkom Jakarta dengan dunia kerja; 4) hasil dan manfaat kerjasama SMK Telkom Jakarta dengan dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode Countenance Stake. Subjek penelitian ini adalah wakil hubungan industri, guru SMK Telkom Jakarta, pembimbing industri, dan siswa kelas XII.Data dikumpulkan menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) perencanaan kerjasama (Tahap Antecedents) SMK Telkom Jakarta menurut guru termasuk kategori sangat baik; 2) pembiayaan kerjasama (Tahap Antecedents) SMK Telkom Jakarta menurut guru termasuk dalam kategori baik; 3) pelaksanaan kerjasama (Tahap Transaction) menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik dan menurut siswa termasuk dalam kategori baik; 4) hasil dan manfaat kerjasama (Tahap Outcomes) menurut guru termasuk dalam kategori  sangat baik dan menurut siswa juga termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: evaluasi, kerjasama, dunia kerja

 

Abstract

This research aims to determine: 1) cooperation plan of SMK Telkom Jakarta with industry; 2) financial cooperation of SMK Telkom Jakarta with industry; 3) cooperation implementation of SMK Telkom Jakarta with industry; 4) the results and benefits of cooperation at SMK Telkom Jakarta with industry. This research was an evaluation research with Countenance Stake method. The subjects of this research were vice head  of industrial partnerships, teachers of SMK Telkom Jakarta, industry supervisors, and students of class XII. The data were collected using interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis used was quantitative and qualitative with description analysis.The results of the research were known that: 1) according to the teachers,  cooperation plan (Antecedents Stage) SMK Telkom Jakarta was categorized very good; 2) according to the teachers, financing cooperation (Antecedents Stage) SMK Telkom Jakarta was categorized good; 3) according to the teachers, the implementation of cooperation (Transaction Stage) was categorized very good and according to the student it was categorized good; 4) according to teachers, results and benefits of cooperation (Outcomes Stage) was categorized very good and and according to the students it was categorized very good.

Keywords: evaluation, cooperation, industry

Full Text:

PDF 321-328


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i4.8724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro