EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN MEDIA APLIKASI LIVEWIRE UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ELEMEN PASIF DALAM RANGKAIAN LISTRIK DC

Weningsih Pancawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada diskripsi elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah menggunakan metode pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire dengan metode konvensional; (2) perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada diskripsi elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah menggunakan metode pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire dengan metode konvensional; (3) efektivitas hasil belajar siswa akibat dari treatment metode pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire pada deskripsi elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah.. Penelitian ini adalah quasi experiment. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire dengan rerata 80,72 secara signifikan dengan metode konvensional dengan rerata 66,65 (sig=0,003; = 3,090    2,000); (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire dengan rerata 80,37 secara signifikan dengan metode konvensional dengan rerata 75,51 ( = 3,820    2,000); (3) terdapat efektivitas hasil belajar siswa akibat treatment metode pembelajaran penemuan berbantuan media aplikasi Livewire ( = -9,896    = 2,048).

 

Kata kunci:  afektif, kognitif, pembelajaran penemuan.

 

Abstract

The research aim to know: (1) differences student learning outcomes the cognitive aspects the passive element in an electric circuit of direct current used method of discovery learning-assisted media application Livewire with conventional method; (2) differences student learning outcomes the affective aspects the passive element in an electric circuit of direct current used method of discovery learning-assisted media application Livewire with conventional method; (3) the effectiveness of student learning outcomes as a result of treatment method of discovery learning-assisted media application Livewire. This Research is quasi experiment. The results of research show that: (1) there is difference in student learning outcomes in the cognitive aspects of method of discovery learning-assisted media application Livewire significantly with an average value of 80.72 with the conventional method with an average value of 66.65 (sig=0,003; = 3,090    2,000); (2) there is difference in student learning outcomes in the affective aspects of method of discovery learning-assisted media application Livewire significantly with an average value of 81.37 with the conventional method with an average value of 75.51 ( = 3,820    2,000); (3) there is the effectiveness of student learning outcomes as a result of treatment method of discovery learning-assisted media application Livewire ( = -9,896    = 2,048).

 

Keywords: affective, cognitive, discovery learning


Full Text:

DOWNLOAD


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro