PENGARUH FASILITAS BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 SEYEGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, gaya belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 98 yang digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai probability sebesar 0,000 (p< 0,05). 2) Tidak terdapat perbedaan tipe gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai probability sebesar 0,452 (p>0,05) untuk dummy gaya belajar auditorial dan sebesar 0,968 (p>0,05) untuk dummy gaya belajar taktual. 3) Minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai probability sebesar 0,004 (p< 0,05). 4) Fasilitas belajar, gaya belajar dan minat belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai F-statistic sebesar 9,372 dengan nilai probability 0,000 (p < 0,05).
Full Text:
PDFReferences
Alfasrisi, S. (2016). Pengaruh Gaya, Motivasi dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif. Program Studi Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Malang. Jurnal Tahun 1, Nomor 1.
Arikunto & Yuliana (2009). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif Program Studi Pendidikan Matematika 3 (2): 115-125, ISSN: 2088-351X.
Mulyatiningsih, dkk. (2006). Bimbingan Pribadi-Sosial Belajar, Karier. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Putri. A.W. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Jurnal UNESA. Prodi Administrasi Perkantoran. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi UNESA.
Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers
Uno, H B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winulang, A. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, EEAJ 4 (1), ISSN 2252-6544, 185-193.
Wulandari.R.F. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ssiwa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal FKIP Universitas Jambi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.