PENGARUH HASIL BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2018/2019

Ilham Akbar Ciputra

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh hasil belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa MAN 2 Sleman. Jenis penelitian ini Ex-Post Facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa MAN 2 Sleman kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket menggunakan skala likert dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar prakarya kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan hasil nilai t hitung > t tabel (2,402 > 1,977) pada taraf signifikansi 5% dan probabilitas 0,018. Lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dengan hasil t hitung > t tabel (7,951  > 1,977) pada taraf signifikansi 5% dan probabilitas 0,000. Hasil belajar prakarya kewirausahaan dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dengan hasil nilai uji F sebesar 38,142 pada taraf signifikansi 5% dan nilai probabilitas sebesar 0,000.


Keywords


HasilzBelajar Prakarya dan Kewirausahaan, LingkunganzKeluarga, Minat berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. 2015. Penilaian Autentik Proseszdan Hasil Belajar.zBandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Alma, B. 2014. KewirausahaanzuntukzMahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. 2013. Kewirausahaan.zBandung: Alfabeta.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evalusi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressido.

Chimucheka, Tendai.n2013.zThezImpact ofzEntrepreneurship Education on thezEstablishment and Survival of Small, Micro and MediumzEnterprises(SMMEs).zJournal Economics, 4(2): 157-168.

ConnyaSemiawan. 2010. PendidikanxKeluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT Preenhalindoo

Djaali. PsikologixPendidikan.nJakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah,mSyaifulnBachri. 2011. PsikologixBelajar. Jakarta:RinekazCipta.

Fakultas Ekonomi Universitas NegerizYogyakarta. (2016). Pedoman TugaszAkhir Kelas Unggulan dan Reguler. Yogyakarta: FE UNY.

Nana, Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saiman, Leonardus. 2014. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sanjaya, wina. 2011. Strategi PembelajaranzBerorientasi Standar ProseszPendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-FaktorzMempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soemanto, Wasty. 2006. PendidikanzWiraswasta. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, Metode PenelitianzKuantitatif, Kualitatif,zdan R&D (Bandung: Alfabeta, 2011).

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.

Werdhaningsih. 2014. Buku GuruzPrakarya dan Kewirausahaan. Jakarta:zKemendikbud

Yusuf, S. 2008. TeorizKepribadian.zBandung: PT. Remaja Rosdakarya

_______. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Zimmerer.T.W.,zN.M.zScarborough. 2014. Entreprenuershipband The New VenturezFormation. New Jersey:zPrentice Hall International Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International