PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon sejumlah 106 siswa. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 5,732 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 4,896 dan nilai signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung sebesar 43,378 dan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Besarnya R2 sebesar 45,7% sedangkan sisanya 54,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifayani, Y. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian untuk Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ilyas, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diambil dari: http://kemenag.go.id/file/dokumen /UU2003.pdf, pada tanggal 20 Januari 2017. Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika. Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara. Tirtarahardja, U. & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.