Pemahaman Materi melalui Google Classroom pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama

Yuanita Ikayanti, Mukhamad Murdiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap pemahaman peserta didik kelas VII pada materi norma dan keadilan dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sleman sebanyak 192 siswa, yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis.

Dapat diketahui bahwa hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai sebesar 15,94 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rara-rata pretest sejumlah 71,58 kemudian pada saat posttest mengalami kenaikan menjadi 81,56. Dengan demikian, adanya peningkatan nilai peserta didik tersebut menunjukkan bahwa Google Classroom terbukti memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar.

Kata kunci: Google Classroom, pemahaman materi, pembelajaran PPKn materi norma dan keadilan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.