Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Materi Kelas VII di SMP N 2 Srandakan

Maretna Wulansari, Mukhamad Murdiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap pemahaman peserta didik pada materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan di SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian initermasuk jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan N-Gain skor. Hasil penelitian terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap pemahaman peserta didik pada materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP N 2 Srandakan ditunjukkan dari nilai dari nilai signifikansi <0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen memiliki skor rata-rata N-Gain 0,46, sedangkan pada kelas kontrol memiliki skor rata-rata N-Gain 0,26 artinya pemahaman peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.