Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Seyegan

Siti Sa’idaturrohmah, Sunarso Sunarso

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai demokrasi Pancasila melalui materi pembelajaran dalam pembelajaran PPKn; (2) Nilai-nilai demokrasi Pancasila melalui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn; (3) Nilai-nilai demokrasi Pancasila melalui media pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn; (4) Nilai-nilai demokrasi Pancasila melalui evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn di SMA Negeri 1 Seyegan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Seyegan. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yakni: (1) Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2) Siswa kelas XI IPS 1 (Kelas Reguler); (3) Siswa Kelas XI IPA 1 (Kelas Reguler); (4) Siswa kelas XI Kelas Khusus Olahraga (KKO). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, melalui: reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penguatan materi dilakukan dengan memberikan pengetahuan berupa materi kepada siswa kemudian dilanjutkan dengan memberikan contoh perilaku yang mencerminkan tindakan yang mendukung nilai-nilai demokrasi Pancasila. (2) Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi Exposition dan strategi pembelajaran kelompok. (3) Penguatan nilai-nilai demokrasi Pancasila melalui media pembelajaran PPKn disesuaikan dengan metode yang digunakan yaitu dengan metode ceramah dan diskusi serta menggunakan media visual berupa gambar dan lembar diskusi. (4) Proses evaluasi atau penilaian dalam menguatkan nilai-nilai demokrasi Pancasila dilihat dari nilai sikap siswa ketika pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.