FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENERAPAN PRINSIP DESAIN DALAM PEMBUATAN DESAIN BUSANA KERJA WANITA DI SMK

Wanda Verdita, Triyanto M.A.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: 1) Kesulitan belajar penerapan prinsip desain dalam
pembuatan desain busana kerja wanita, 2) Kesulitan belajar penerapan prinsip keselarasan, 3) Kesulitan belajar
penerapan prinsip perbandingan, 4) Kesulitan belajar penerapan prinsip keseimbangan, 5) Kesulitan belajar
penerapan prinsip irama 6) Kesulitan belajar penerapan prinsip pusat perhatian. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. Subyek penelitian adalah siswa
kelas X Tata Busana di SMK N 1 Pengasih berjumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Data
dikumpulkan menggunakan tes diagnostik yang terdiri dari tes dengan tipe tes uraian, tes sikap dan tes unjuk kerja.
Teknik analisis data deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kesulitan belajar yang
dialami oleh siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih dalam menerapkan prinsip desain pada pembuatan desain busana
wanita berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 49,85 termasuk pada kategori sulit 2) Kesulitan belajar penerapan
prinsip desain dalam pembuatan desain busana kerja wanita ditinjau dari kesulitan belajar penerapan prinsip
keselarasan berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 8,13 termasuk pada kategori sulit, 3) Kesulitan belajar
prinsip perbandingan berdasarkan perolehan nilai rerata 7,81 termasuk pada kategori sangat sulit, 4) Kesulitan
belajar prinsip irama irama berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 9,53 termasuk pada kategori sulit, 5)
Kesulitan belajar keseimbangan berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 9,06 termasuk pada kategori sulit, 6)
Kesulitan belajar prinsip pusat perhatian berdasarkan perolehan nilai rerata 7,19 termasuk pada kategori sangat
sulit. Faktor kesulitan belajar yang paling banyak menghambat siswa dalam menerapkan prinsip desain dalam
pembuatan desain busana kerja wanita terletak pada kesulitan menerapkan prinsip keselarasan dan prinsip
perbandingan.
Kata kunci : kesulitan belajar, prinsip desain, desain busana kerja wanita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.4410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1