PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUASAN LULUSAN PESERTA DIDIK FASHION DESIGN DI LPK ADANA YOGYAKARTA

Yunike Andriani, Mohammad Adam Jerusalem

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) sarana prasarana kelas Fashion Design, (2) motivasi belajar lulusan peserta didik Fashion Design, (3) kepuasan lulusan peserta didik Fashion Design, (4) pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap kepuasan lulusan peserta didik Fashion Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh lulusan peserta didik kelas Fashion Design di LPK Adana Yogyakarta berjumlah 60 lulusan peserta didik dengan sampel sejumlah 20 lulusan peserta didik berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, survey dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbrach. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sarana prasarana kelas Fashion Design dalam kategori sangat baik sebesar 60%, (2) motivasi belajar peserta didik Fashion Design di LPK Adana Yogyakarta dalam kategori sangat baik sebesar 75%, (3) kepuasan lulusan peserta didik Fashion Design di LPK Adana Yogyakarta dalam kategori baik sebesar 65%, dan (4) sarana prasarana dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan lulusan peserta didik kelas Fashion Design di LPK Adana Yogyakarta sebesar 56% dengan dibuktikan persamaan garis linier ganda Y = 3,621 + 0,308X1 + 0,458X2 dan indeks koefisien korelasi R = 0,748 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka Fhitung (10,820) > Ftabel (3,59).

Keywords


Sarana Prasarana; Motivasi Belajar; Kepuasan Lulusan Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Sunadi, Lukman. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 16.

Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools. New York & London: Longman




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.