PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PEMASANGAN KERAH KEMEJA UNTUK SISWA KELAS XII DI MAN 1 SLEMAN

Yusuf Bagus Imawan, Emy Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran flipchart berisi materi pembelajaran pemasangan kerah pada pembuatan kemeja pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana untuk siswa kelas XII di MAN 1 Sleman; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flipchart pemasangankerah kemeja pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana untuk siswa kelas XII di MAN 1 Sleman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana,5 siswa pada uji coba skala kecil dan 32 siswa pada uji coba skala besar. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi dengan menerima pendapat para ahli (judgement expert) didapatkan hasil layak dan reliabilitas inter-rater dandidapatkan hasil sepakat. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah : (1) berupa produk media pembelajaran flipchart pemasangan kerah kemeja untuk kelas XII Tata Busana MAN 1 Sleman; (2) hasil kelayakan media pembelajaran sebagai berikut: (a) penilaian ahli materi menyatakan layak (100%) dan ahli media menyatakan sangat (100%) (b) pada uji coba skala kecil dinyatakan sangat layak (58.53%) (c) pada uji coba skala besar dinyatakan layak (62.54%). Media pembelajaran flipchart yang layak menunjukkan bahwa media tersebut dapat diterapkan didalamproses pembelajaran pada materi teknik memasanga kerah dan membantu siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan.


Keywords


media pembelajaran; flipchart; pemasangan kerah kemeja

Full Text:

PDF

References


Sadiman dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana Di Kota Yogyakarta Dalam Pembelajaran Dengan Kbk. Journal of Technology Vocational Education FT UNY, 16, 230-250.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.