HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI TATA BUSANA DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA SAAT PRAKTIK PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Rani Sri Windarti, Enny Zuhni Khayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat pengetahuan alat pelindung diri pada siswa kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. (2) Tingkat kedisiplinan siswa kelas XI Tata Busana dalam penggunaan Alat pelindung diri di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur (3) Hubungan tingkat pengetahuan dengan kedisiplinan siswa kelas XI Tata Busana dalam penggunaan alat pelindung diri saat praktik pembuatan busana industri di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengetahuan dari 24 siswa yang ada 20 siswa (83%) berada pada kategori sangat tinggi,4 siswa (17%) berada pada kategori tinggi. (2) Kedisilinan penggunaan Alat Pelindung Diri dari 24 siswa, 11 siswa (45,83%) berada pada kategori rendah, 3 siswa (12,5%) berada pada kategori sangat rendah, 6 siswa (25%) berada pada kategori tinggi, dan 4 siswa (16,67%) berada pada kategori sangat tinggi. (3) Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kedisiplinan pekerja dalam penggunaan Alat Pelindung Diri pada saat praktik pembuatan busana industri di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.


Keywords


Tingkat pengetahuan; Kedisiplinan Alat Pelindung Diri; SMK Muhammadiyah 1 Borobudur

Full Text:

PDF

References


Ahmad Kholid (2012). Promosi Kesehatan.

Jakarta : RajaGrafindo

Buntarto. (2015) Panduan Praktis Kesehatan dan

Keselamatan Kerja di Industri.Yogyakarta :

Pustaka baru press

Notoatmojo S (2012). Metodologi Penelitian

kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Rr. Vita Nur Latif. (2016). Profil Potensi

Penyakit Akibat Kerja. Semarang : UNNES




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.