PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BLUS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Hikmah Nidaul Husna, Widyabakti Sabatari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih, (2) prestasi belajar pembuatan pola blus siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih, dan (3) ada tidaknya pengaruh pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran terhadap prestasi belajar pembuatan pola blus di SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sejumlah 36 siswa dengan teknik sampling total. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan pendekatan uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Pengasih sebanyak 36,1% termasuk pada kategori kurang baik, (2) prestasi belajar pembuatan pola blus siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Pengasih 100% telah mencapai KKM yaitu 75 sehingga termasuk pada kategori kompeten, dan (3) adanya pengaruh pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran (x) terhadap prestasi belajar pembuatan pola blus (y) di SMK Negeri 1 Pengasih, dibuktikan dengan nilai p pada uji spearman diperoleh 0,000 yang kurang dari nilai alfa 0,05 sehingga dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.

Keywords


pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran; prestasi belajar; pembuatan pola blus

Full Text:

PDF

References


Andriyani, R. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Waktu belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi belajar Akuntansi Piutang Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Wates Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurnianingtyas, D. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Purwanto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Non Parametrik. Jakarta: Gramedia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Suparno, Suhaenah. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UNS Pers.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.