ANALISIS POTENSI BAHAYA (HAZARD) DAN PENILAIAN TINGKAT RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HIRARC DI LABORATORIUM BUSANA SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Istika Wulandari, Enny Zuhni Khayati

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengidentifikasi potensi bahaya yang ada di laboratorium busana SMK Negeri 1 Pandak Bantul; (2) mencari besarnya nilai level risiko dari hasil identifikasi yang telah dilakukan pada laboratorium busana SMK Negeri 1 Pandak Bantul; (3) memberikan solusi dan usulan perbaikan terhadap potensi risiko bahaya yang ada di laboratorium busana SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan konsep metode HIRARC. Sampel penelitian adalah Manajemen laboratorium, dan guru produktif tata busana, ditentukan secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik analisis dokumen menggunakan metode HIRARC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) identifikasi hazard yang ditemukan di laboratorium busana terdiri dari jenis: hazard biologi; hazard kimia; hazard fisik; (2) penilaian tingkat resiko yang ditemukan di laboratorium busana: terdapat 2 laboratorium dengan temuan risiko terbanyak yaitu laboratorium busana I dan laboratorium busana IV. Laboratorium Busana I total 12 temuan risiko bahaya dengan total nilai risiko 120. Selanjutnya laboratorium busana IV total 12 temuan, dengan total nilai risiko 106; (3) pengendalian hazard yang harus paling banyak dilakukan diseluruh laboratorium adalah pengendalian hazard berupa eliminasi dan kemudian disusul dengan substitusi, untuk pengendalian hazard yang jarang dilakukan adalah pengendalian hazard berupa kontrol mesin.

Keywords


Hazard; HIRARC; Laboratorium Busana; SMK N 1 Pandak

Full Text:

PDF

References


Dicky Rahmadhani. (2017). Analisis Potensi Risiko Bahaya Pada Laboratorium Fakultas Teknologi Industri di Lantai 2 dan 3 Gedung K.H.Wahid Hasyim Dengan Pendekatan HIRA dan HAZOP. Jurnal. Yogyakarta : FTI UII.

Edo Wijanarko. (2017). Safety Risk Analysis to Visitor of Purabaya Bus Station Using Hirarc (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) Method. Jurnal. Surabaya : FTI ITSN.

I Fatimah dan M A Jerusalem. (2020). The effect of the occupational health and safety practices on the boutique production quality. Journal of Physics (Conference Series). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

John Ridley. (2008). Kesehatan Dan keselamatan Kerja. Jakarta : Erlangga

Nur Hidayat dan Indah Wahyuni. (2006). Kajian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY . Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan (Volume 23, Nomor 1)

Ramli, Soehatman. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Resiko Dalam Perspektif K3. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Suma’mur. (1985). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Gunung Agung.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i1.19544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.