FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR DALAM MENGIKUTIMATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SISWA KELAS X SMKMUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Farida Aryani, Sugiyem, M.Pd Sugiyem

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)seberapa besar faktor internal yang menyebabkan kesulitan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)seberapa besar faktor internal yang menyebabkan kesulitan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)seberapa besar faktor internal yang menyebabkan kesulitan
belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel
meliputi sikap terhadap belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2)seberapa besar faktor eksternal yang
menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK
Muhammadiyah 1 Tempel meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 hingga Mei 2017 yang bertempat di
SMK Muhammadiyah 1 Tempel.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa.Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
guttman.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar
77,28%, indikator kesehatan sebesar 13,63%, indikator sikap terhadap belajar sebesar 9,09%. (2) Faktor eksternal
yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 50,00%, indikator sekolah sebesar 44,74%,
belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel
meliputi sikap terhadap belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2)seberapa besar faktor eksternal yang
menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK
Muhammadiyah 1 Tempel meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 hingga Mei 2017 yang bertempat di
SMK Muhammadiyah 1 Tempel.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa.Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
guttman.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar
77,28%, indikator kesehatan sebesar 13,63%, indikator sikap terhadap belajar sebesar 9,09%. (2) Faktor eksternal
yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 50,00%, indikator sekolah sebesar 44,74%,
belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel
meliputi sikap terhadap belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2)seberapa besar faktor eksternal yang
menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola pada Siswa Kelas X SMK
Muhammadiyah 1 Tempel meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 hingga Mei 2017 yang bertempat di
SMK Muhammadiyah 1 Tempel.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa.Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
guttman.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar
77,28%, indikator kesehatan sebesar 13,63%, indikator sikap terhadap belajar sebesar 9,09%. (2) Faktor eksternal
yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 50,00%, indikator sekolah sebesar 44,74%,
sedangkan indikator masyarakat sebesar 5,26%.
sedangkan indikator masyarakat sebesar 5,26%.
sedangkan indikator masyarakat sebesar 5,26%.
Kata kunci: kesulitan belajar, pembuatan pola, siswa SMK
Kata kunci: kesulitan belajar, pembuatan pola, siswa SMK
Kata kunci: kesulitan belajar, pembuatan pola, siswa SMK

 

This study aims to find out: (1) the internal factors causing learning difficulties in attending the Pattern
Making subject among Grade X students of SMK Muhammadiyah 1 Tempel in terms of attitudes toward learning,
motivation, interest, and health; and (2) the external factors causing their learning difficulties in attending the
Pattern Making subject in terms of family, school, and community environments. This was a descriptive study. It
was conducted from December 2016 to May 2017 at SMK Muhammadiyah 1 Tempel. The research population
comprised 28 students. The research sample was the entire population. The data were collected by a Guttman-scale
questionnaire. The data analysis technique was the descriptive technique using percentages.The results of the study
are as follows. (1) The internal factors causing learning difficulties include: the interest indicator by 77.28%, the
health indicator by 13.63%, and the attitude-toward-learning indicator by 9.09%. (2) The external factors causing
learning difficulties include the family indicator by 50.00%, the school indicator by 44.74%, and the community
indicator by 5.26%.
This study aims to find out: (1) the internal factors causing learning difficulties in attending the Pattern
Making subject among Grade X students of SMK Muhammadiyah 1 Tempel in terms of attitudes toward learning,
motivation, interest, and health; and (2) the external factors causing their learning difficulties in attending the
Pattern Making subject in terms of family, school, and community environments. This was a descriptive study. It
was conducted from December 2016 to May 2017 at SMK Muhammadiyah 1 Tempel. The research population
comprised 28 students. The research sample was the entire population. The data were collected by a Guttman-scale
questionnaire. The data analysis technique was the descriptive technique using percentages.The results of the study
are as follows. (1) The internal factors causing learning difficulties include: the interest indicator by 77.28%, the
health indicator by 13.63%, and the attitude-toward-learning indicator by 9.09%. (2) The external factors causing
learning difficulties include the family indicator by 50.00%, the school indicator by 44.74%, and the community
indicator by 5.26%.
This study aims to find out: (1) the internal factors causing learning difficulties in attending the Pattern
Making subject among Grade X students of SMK Muhammadiyah 1 Tempel in terms of attitudes toward learning,
motivation, interest, and health; and (2) the external factors causing their learning difficulties in attending the
Pattern Making subject in terms of family, school, and community environments. This was a descriptive study. It
was conducted from December 2016 to May 2017 at SMK Muhammadiyah 1 Tempel. The research population
comprised 28 students. The research sample was the entire population. The data were collected by a Guttman-scale
questionnaire. The data analysis technique was the descriptive technique using percentages.The results of the study
are as follows. (1) The internal factors causing learning difficulties include: the interest indicator by 77.28%, the
health indicator by 13.63%, and the attitude-toward-learning indicator by 9.09%. (2) The external factors causing
learning difficulties include the family indicator by 50.00%, the school indicator by 44.74%, and the community
indicator by 5.26%.
Keywords:learning difficulties, pattern making, VHS students
Keywords:learning difficulties, pattern making, VHS students
Keywords:learning difficulties, pattern making, VHS students


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2014). Belajar dan

Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta

Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1