TINDAK TUTUR UJARAN KEBENCIAN DALAM KOMENTAR PEMBACA PADA SURAT KABAR ONLINE TRIBUNNEWS.COM

Linawati - -

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk ujaran kebencian yang terdapat dalam komentar pembaca surat kabar online Tribunnews.com. (2) mendeskripsikan fungsi ilokusi ujaran kebencian yang terdapat dalam komentar pembaca surat kabar online Tribunnews.com.
Sumber data penelitian ini adalah komentar-komentar pembaca yang terdapat dalam surat kabar  online Tribunnews.com. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan  human instrument. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan.
Metode padan yang digunakan yakni padan referensial. Penentuan keabasahan data dilakukan melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, bentuk ujaran kebencian yang terdapat dalam komentar pembaca surat kabar  online Tribunnews.com  berupa penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi dan menghasut. Bentuk ujaran  kebencian yang paling banyak ditemukan dalam komentar pembaca surat kabar online Tribunnews.com berupa penghinaan. Kedua, fungsi ilokusi yang ditemukan dalam bentuk ujaran kebencian dalam komentar pembaca surat kabar pembaca online Tribunnews.com berupa fungsi asertif,
fungsi direktif, fungsi komisif, dan fungsi ekspresif. Fungsi ilokusi asertif banyak ditemukan dalam komentar pembaca surat kabar online Tribunnews.com.
Kata Kunci: tindak tutur, ujaran kebencian, fungsi ilokusi.

Full Text:

PDF

References


Brison, Susan. 2013. “Hate Speech”.

The International Encyclopedia of

Ethic: Blackwell Publishing Ltd.

Muhammad. 2014. Metode Penelitian

Bahasa. Yogyakarta: Ar-ruz

Media.

Moleong. 2010. Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka

Teknik Analisis Bahasa.

Yogyakarta: Duta Wacana

University Press.

Surat Edaran Kapolri Nomor:

SE/6/X/2015 tentang Penanganan

Ujaran Kebencian (Hate Speech)

tanggal 8 Oktober 2015.

Susanto, Phil Astird S. 1980.

Komunikasi Sosial di Indonesia.

Bandung: Angkasa Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.