KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN SEBUTIR PELURU DALAM BUKU KARYA OLYRINSON

Luciana Linda Argarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan masalah sosial, faktor yang melatarbelakangi masalah sosial, dan wujud kritik sosial dalam kumpulan cerpen Sebutir Peluru dalam Buku karya Olyrinson.

Objek penelitian ini adalah masalah-masalah sosial yang ada di dalam kumpulan cerpen Sebutir Peluru dalam Buku karya Olyrinson. Sumber data penelitian ini terdiri atas tujuh cerpen dari empat belas cerpen yang dimuat dalam kumpuan cerpen Sebutir Peluru dalam Buku. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik baca, teknik catat, dan teknik riset kepustakaan. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori sosiologi karya sastra. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  validitas semantik, sedangkan reliabilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrarater dan interrater.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) masalah sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Sebutir Peluru dalam Buku terbagi menjdi tiga kategori, yaitu masalah kriminalitas yang meliputi pembunuhan, penganiayaan, dan mencuri; masalah kependudukan yang meliputi kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan; masalah lingkungan hidup meliputi kerusakan hutan, pencemaran air, kerusakan tanah, dan pencemaran udara; (2) faktor yang melatarbelakangi masalah sosial terbagi menjadi tiga, yaitu faktor ekonomi, faktor sosial-budaya, dan faktor psikologis; (3) wujud kritik sosial terbagi menjadi empat, yaitu kritik terhadap pemerintah, kritik terhadap penguasa, kritik terhadap ekonomi, dan kritik terhadap HAM.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.