REGISTER KEISLAMAN DALAM ACARA TALK SHOW“MAMAH DAN AA BERAKSI” DI INDOSIAR

Rizqina Nur itria K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan register keislaman dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi” Register ini dikaji dari aspek bentuk register keislaman, makna register keislaman dan fungsi bahasa dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi”.

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi”. Objek penelitian ini adalah bentuk register, makna register dan fungsi bahasa yang digunakan dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi”. Data diperoleh dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan, metode agih dan menggunakan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL). Keabsahan data diperoleh melalui teknik ketekunan, triangulasi, dan ahli dalam bidang.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk register keislaman dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi” dikategorikan menjadi 1) bentuk tunggal, 2) bentuk kompleks yang terdiri dari bentuk afiksasi, bentuk pengulangan (reduplikasi), bentuk penyingkatan (abreviasi), dan pemajemukan, 3) bentuk frasa. Kedua, makna register keislaman dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi” dikategorikan menjadi 1) makna primer, dan 2) makna sekunder. Ketiga, fungsi bahasa yang terdapat dalam acara talk show “Mamah dan Aa Beraksi” dikategorikan menjadi 1) fungsi instrumental, 2) fungsi regulatori, 3) fungsi interaksional, 4) fungsi representasi, 5) fungsi  personal, dan 6) fungsi heuristik.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.