IMPLIKATUR DALAM KOLOM OOM PASIKOM PADA SURAT KABAR KOMPAS

Prima Dewi Erlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis implikatur yang

terdapat dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas, (2) mendeskripsikan bentuk tuturan yang mengandung implikatur dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas, (3) mendeskripsikan fungsi tuturan yang mengandung impliktur dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas dan (4) mendeskripsikan keterkaitan antara bentuk tuturan dan fungsi tuturan yang mengandung implikatur dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas. Objek penelitian ini adalah tuturan yang mengandung implikatur dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas. Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik baca dan  catat.  Data  dianalisis  dengan  metode  deskriptif  kualitatif  dengan  metode padan dan metode agih. Keabsahan data diperoleh melalui diskusi rekan sejawat dan expert judgement.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis implikatur dalam kolom Oom Pasikom pada surat kabar Kompas berupa implikatur konvensional dan implikatur  percakapan.  (2)  bentuk  tuturan  yang  mengandung  implikatur  pada

kolom  Oom  Pasikom  pada  surat  kabar  Kompas  berupa  bentuk  deklaratif, interogatif dan imperatif. (3) fungsi tuturan yang mengandung implikatur dalam Oom Pasikom pada surat kabar Kompas berupa fungsi menilai, mengecam, menyetujui,  menuntut,  menyuruh,  mengharap,  memohon,  mengajak, menyarankan, melarang, mengkritik dan menyindir. (4) keterkaitan antara bentuk tuturan  dan  fungsi  tuturan  yang  mengandung  implikatur  pada  kolom  Oom Pasikom pada surat kabar Kompas adalah (A) bentuk tuturan deklaratif memiliki fungsi   untuk   menilai,   mengharap,   memohon,   mengajak,   mengkritik   dan menyindir. (B) bentuk tuturan interogatif memiliki fungsi menilai, mengecam, menuntut, mengajak, menyarankan, melarang, mengkritik dan menyindir. (C) bentuk tuturan Imperatif memiliki fungsi untuk menilai, menyetujui, menyuruh, mengajak, menyarankan, mengkritik dan menyindir.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.