REGISTER PENJUAL ONLINE SHOP DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Astrid Yulinda Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan register penjual online shop dalam media sosial instagram berdasarkan bentuk register, fungsi bahasa, makna dna penggunaan bahasa dalam tuturan penjual saat mendeskripsikan atau menawarkan barang pada kolom caption atau komentar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan penjual online shop saat melakukanpenawaran barang pada komentar atau caption  dalam media sosial instagram. Data tuturan dikumpulkan sejak bulan November 2016-Februari 2017. Objek penelitian ini adalah bentuk register, fungsi bahasa, makna bahasa dan penggunaan bahasa register penjual online shop dalam media sosial instagram.   Data diperoleh dengan metode simak dan dengan teknik simak libat dan pencatatan. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan dan agih. Keabsahan data diperoleh melalui teknik ketekunan pengamatan dan teknik pemeriksaan sejawat.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk register penjual online shop dalam media sosial instagram dapat dikategorikan berdasrkan proses pembentukan kata dan frase. Berdasarkan pembentukan kata register penjual online shop terdiri dari 1) bentuk tunggal, 2) bentuk kompleks: bentuk berafiks, abreviasi, reduplikasi, dan majemuk. Berdasarkan pembentukan frase, register penjual online shop terdiri dari 1) frase nominal, 2) frase adjektival, 3) frase numeral dan 4) frase verbal. Kedua, fungsi bahasa dalam teks yang mengandung register penjual online shop dalam media sosial instagram terdiri dari 1) fungsi instrumental, 2) fungsi representasi, 3) fungsi regulasi, dan 4) fungsi heuristik. Ketiga, makna register penjual online shop dalam media sosial instagram dikategorikan berdasarkan jenis makna terdiri dari 1) makna primer dan (2) makna sekunder. Keempat, penggunaan bahasa penjual online shop dalam media sosial instagram terdiri dari 1) campur kode dan 2) alih kode.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.