PERAN PENERBIT OMBAK PADA PRODUKSI BUKU-BUKU AKADEMIK DALAM BIDANG SASTRA

Amajida Sabilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses seleksi buku-buku dalam bidang bahan ajar sastra untuk perguruan tinggi di Penerbit Ombak, (2) proses produksi buku-buku dalam bidang bahan ajar sastra di Penerbit Ombak, dan (3) mendeskripsikan orientasi pasar pada buku-buku dalam bidang bahan ajar sastra di Penerbit Ombak.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah hasil wawancara dan teks nonfiksi. Sumber data wawancara berupa hasil wawancara dengan pihak Penerbit Ombak, sedangkan sumber teks nonfiksi berupa ketiga buku bahan ajar yang dibahas di dalam penelitian ini, yaitu Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia, kedua Novel Indonesia, Kolonialisme, dan Ideologi Emansipatoris, dan yang ketiga Puisi: Sebuah Pengantar Apresiasi. Data diperoleh menggunakan teknik observasi dan teknik baca catat. Pengkajian dalam penelitian ini menggunakan teori sosiologi penerbitan. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan reliabilitas.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan tiga hasil penelitian yaitu pertama proses seleksi buku-buku dalam bidang bahan ajar sastra untuk perguruan tinggi di Penerbit Ombak dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu naskah masuk, naskah masuk bisa dilakukan langsung oleh penulis yang mengirimkan naskah ke Penerbit Ombak maupun penerbit yang langsung mencari bibit-bibit naskah yang sesuai dengan tujuan penerbitan. Kemudian tahap selanjutnya baru dilakukan seleksi naskah oleh Penerbit Ombak. Kedua proses produksi buku bahan ajar di Penerbit Ombak terdapat tiga tahapan yaitu editorial, pracetak, dan negosiasi serta perjanjian. Ketiga orientasi pasar buku akademik sastra di Penerbit Ombak dibagi ke dalam tiga bentuk pemasaran. Bentuk pemasarannya yaitu ritel besar yang berupa departemen store atau toko buku skala besar dan online store, kedua ritel kecil yang berupa pemasaran ke toko buku skala kecil atau milik perseorangan, ketiga pemasaran dilakukan juga pada bazar-bazar dan seminar yang diikuti oleh Penerbit Ombak Yogyakarta.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.