DISFEMIA DALAM MAJALAH MOTOR PLUS

Rina Fitriani

Abstract


Penelitian mengenai disfemia dalam majalah Motor Plus bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebahasaan, nilai rasa, dan fungsi penggunaan disfemia yang terdapat dalam majalah tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam majalah Motor Plus edisi 775-827 tahun 2014, yang berjumlah 52 majalah. Objek penelitian adalah bentuk kebahasaan, nilai rasa disfemia, dan fungsi penggunaan disfemia dalam majalah Motor Plus. Data diperoleh dengan teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan metode padan dan metode agih. Teknik keabsahan data diperoleh melalui intrarater mencermati data dan diskusi dengan teman sejawat.

Hasil penelitian ini terdiri dari Pertama, bentuk kebahasaan disfemia pada majalah Motor Plus dikategorikan berdasarkan proses pembentukan kata dan frasa. Berdasarkan proses pembentukan kata terdiri dari (1) kata tunggal, (2) kata kompleks. Berdasarkan bentuk frasa berupa frasa endosentris. Kedua, nilai rasa disfemia pada majalah Motor Plus terdiri dari (1) nilai rasa berbahaya, (2) nilai rasa kasar, (3) nilai rasa buruk, dan (4) nilai rasa keras. Ketiga, fungsi penggunaan disfemia pada majalah Motor Plus terdiri dari (1) merendahkan, (2) mengolok-olok, (3) memperkuat, dan (4) mengungkapkan kemarahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.