REGISTER KOMENTATOR SEPAK BOLA DALAM TURNAMEN PIALA JENDERAL SUDIRMAN 2015

nizar rosyidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa, makna bahasa, dan fungsi bahasa register komentator sepak bola dalam Turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah  tuturan percakapan antarkomentator dan host. Objek penelitian berupa bentuk bahasa, makna bahasa, dan fungsi bahasa. Penelitian ini menggunakan human instrument dengan 5 video sebagai sumber data. Pengumpulan data dengan metode simak-catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatik. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi teori, diskusi teman sejawat, dan expert judgement.

Hasil penelitian ini adalah pertama, bentuk bahasa terbentuk dari 1) bentuk tunggal, 2) bentuk kompleks dari proses afikasasi, kata ulang, singkatan, akronim, kata majemuk, dan frasa (endosentris koordinatif, atributif, apositif, dan eksosentris direktif, nondirektif). Kedua, makna bahasa meliputi 1) makna leksikal, 2) makna kontekstual dalam konteks situasi, bidang kegiatan atau keilmuan, bidang sosial dan budaya (asosiasi, kias, dan afeksi). Ketiga, fungsi bahasa meliputi 1) fungsi heuristik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, 2) fungsi instrumental untuk menyebabkan peristiwa-peristiwa tertentu terjadi, 3) fungsi representasi untuk menjelaskan, menyampaikan fakta dan pengetahuan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.