IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM SINETRON KOMEDI SEGELAS CERITA KELUARGA KUSUMA DI METROTV

Tita Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis implikatur percakapan dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma di METROTV; (2) mendeskripsikan wujud kalimat berimplikatur yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma di METROTV; (3) mendeskripsikan fungsi implikatur yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma di METROTV; dan (4) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma di METROTV.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini berupa tuturan antartokoh dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma yang di METROTV; sedangkan, objek penelitian ini berupa implikatur percakapan sebagai representasi dari pendidikan karakter yang terdapat dalam tuturan antartokoh sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma di METROTV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan metode catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode agih dan metode padan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, jenis implikatur percakapan yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma, yaitu jenis implikatur percakapan umum, khusus, dan berskala. Kedua, wujud kalimat berimplikatur yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma, yaitu kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seru, kalimat berita dan perintah, dan kalimat berita dan tanya. Ketiga, fungsi implikatur yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma, yaitu fungsi pernyataan, perintah, sindiran, kritik, protes, saran, penolakan, pernyataan dan sindiran, pernyataan dan perintah, pernyataan dan kritik, pernyataan dan ajakan, perintah dan sindiran, perintah dan saran, protes dan sindiran, kritik dan sindiran, kritik dan saran, saran dan sindiran, larangan dan sindiran, protes, sindiran, dan saran, serta menanyakan. Keempat, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sinetron komedi Segelas Cerita Keluarga Kusuma, yaitu nilai jujur, tanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, ingin tahu, sadar diri, patuh pada aturan sosial, respek, santun, demokratis, nasionalis, pluralis, berorientasi tindakan, jujur dan religius, respek dan tanggung jawab, serta santun dan disiplin.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.