WACANA KEKUASAAN DALAM NOVEL ORANG-ORANG PROYEK KARYA AHMAD TOHARI (ANALISIS KEKUASAAN FOUCAULDIAN)

haryo pangestu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wacana kekuasaan, yang terdapat dalam

novel Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari. Selain wacana kekuasaan dalam penelitian ini juga akan memaparkan strategi kekuasaan yang digunakan dan relasi kekuasaan yang terdapat di dalamnya.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk wacana kekuasaan yang ada dalam novel Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari. Penelitian ini akan difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan wacana kekuasaan, strategi kekuasaan dan relasi kekuasaan. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik deskripsi kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik (expert judgement) dan reliabilitas (interater dan intrarater).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) wacana kekuasaan dalam novel Orang- Orang Proyek bersifat normalisasi (menjaga) dan regulasi (melarang dan menghukum). (2) strategi kekuasaan dalam novel Orang-Orang Proyek yang digunakan terepresentasi secara hubungan negatif (pengabaian, penolakan dan penyamaran), siklus larangan(ancaman dan tekanan), instansi aturan (mengatur boleh tidaknya melakukan sesuatu), terepresentasi secara logika sensor (menegaskan sistem kekuasaan yang dimilikinya). (3) bentuk relasi kekuasaaan dalam novel Orang-Orang Proyek terdapat dalam pemikiran, politik dan lembaga digunakan sebagai alatnya.

 

Kata Kunci:    Foucault, Wacana Kekuasaan, Strategi Kekuasaan, Relasi kekuasaan, Kekuasaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.