PENGGUNAAN SARKASME DALAM MEME PADA POSTINGAN SITUS 1CAK.COM

Basuki Rahman, Yayuk Eny Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan referensi sarkasme yang muncul dalam meme  pada postingan situs 1cak.com; (2) mendeskripsikan makna tuturan sarkasme yang muncul dalam meme  pada postingan situs 1cak.com; (3) mendeskripsikan nilai rasa yang muncul dalam meme  pada postingan situs 1cak.com.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah wacana postingan meme yang terdapat pada situs 1cak.com selama bulan September sampai dengan November 2017.  Objek penelitiannya  adalah tuturan pada postingan  yang mengandung unsur sarkasme di situs 1cak.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Instrumen yang digunakan adalah human instrument. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan ekstralingual dan padan intralingual. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan peneliti dan pemeriksaan rekan sejawat melalui diskusi dengan Meida Fatma Sutejo, mahasiswa Pascasarjana Linguistik Terapan UNY 2018.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, referensi sarkasme yang digunakan pada postingan situs 1cak.com yaitu keadaan ditemukan dengan jumlah 26 data,binatang ditemukan dengan jumlah 22 data, benda tertentu ditemukan dengan jumlah 6 data,bagian tubuh ditemukan dengan jumlah 20 data, makhluk halus ditemukan dengan jumlah 6 data, aktivitas negatif ditemukan dengan jumlah 5 data, pekerjaan negatif ditemukan dengan jumlah 2 data, dan kata seru ditemukan dengan jumlah 4 data.  Kedua, jenis makna yang ditemukan, yaitu makna konotatif dengan jumlah 8 data, makna emotif dengan jumlah 2 data, makna referensial dengan jumlah 6 data, makna konstruksi dengan jumlah 2 data, makna piktoral dengan jumlah 3 data, makna emotif dan makna referensial dengan jumlah 1 data, makna konotatif dan makna referensial dengan jumlah 6 data, makna konotatif dan makna konstruksi ditemukan dengan jumlah 2 data serta gabungan makna konotatif, makna referensial dan makna konstruksi ditemukan dengan jumlah 1 data. Ketiga, nilai rasa sarkasme. Adapun nilai rasa sarkasme yang ditemukan yaitu nilai rasa tidak pantas ditemukan dengan jumlah 6 data, nilai rasa tidak enak ditemukan dengan jumlah 11 data, nilai rasa kasar ditemukan dengan jumlah 7 data, nilai rasa keras ditemukan dengan jumlah 2 data, nilai rasa tidak pantas dan tidak enak ditemukan dengan jumlah 2 data serta gabungan nilai rasa tidak enak dan kasar ditemukan dengan jumlah 2 data.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.