IMPLIKATUR DALAM IKLAN ROKOK DI TELEVISI 2005- 2016

hardika ajeng hapsar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis implikatur, wujud tuturan
berimplikatur, dan fungsi tuturan berimplikatur yang terkandung dalam iklan
tahun 2005-2016.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Data
diperoleh dengan metode simak  bebas libat cakap, teknik rekam,dan teknik catat.
Metode analisis data menggunakan  metode  padanpragmatik.  Uji keabsahan data
menggunakan teknik pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pertama,  jenis implikatur  dalam iklan  rokok  tahun 2005-
2016, yaitu a) implikatur percakapan dan b) implikatur konvensional; kedua,
wujud tuturan berimplikatur dalam iklan rokok tahun 2005-2016, yaitu a) kalimat
tanya, b) kalimat perintah, dan c) kalimat seru; ketiga, fungsi tuturan
berimplikatur dalam iklan  rokok  tahun 2005-2016, yaitu a) direktif, b) ekspresif,
c) representatif, dan d) ekspresif. .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.